10 Kesalahan Ketika Bangun Rumah

Bangun Rumah Sejasa

Membangun rumah menjadi impian banyak orang. Namun, bangun rumah membutuhkan biaya dan proses yang kompleks. Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk mengindari kesalahan saat pembangunan. Yuk kenali 10 jenis kesalahan yang sering terjadi ketika proses pembangunan rumah.

Bangun Rumah Sejasa

1. Saluran HVAC

Perencanaan pemasangan saluran HVAC yang salah dapat menimbulkan masalah-masalah lainnya. Saluran yang terlalu kecil tidak akan berfungsi secara maksimal. Suhu panas dan dingin di dalam rumah Anda tidak dapat diatur secara efisien. Pada akhirnya, Anda akan menyesal sendiri. Rumah anda akan menjadi terlalu dingin ketika musim hujan serta terlalu panas ketika musim panas. Sebaliknya, saluran HVAC yang terlalu besar juga akan membuang banyak energi.

2. Perencanaan Tata Ruang

Merencanakan tata ruang dan design menjadi salah satu hal yang penting. Apalagi jika lahan yang Anda miliki juga terbatas. Meskipun ruang penyimpanan penting, Anda dapat memaksimalkan ruang kosong untuk menyimpan barang-barang Anda. Misalnya seperti bagian bawah tangga atau bagian loteng. Pertimbangkan juga apakah kamar tidur Anda harus berukuran besar. Padahal, Anda hanya menggunakannya untuk tidur, bukan kerja.

3. Perencanaan Secara Menyeluruh

Ketika mendesign rumah, Anda harus memperhitungkan gaya hidup dan kebiasaan Anda. Berapa lama Anda akan berada di rumah setiap harinya? Apakah Anda membutuhkan fasilitas untuk menjaga keamanan untuk anak-anak? Apakah rumah Anda dibangun sebagai tempat Anda ketika sudah pensiun? Pertimbangkanlah pemakaian untuk jangka panjang. Dengan demikian, Anda akan menyadari seperti apa kebutuhan Anda.

4. Pencahayaan Rumah

Contoh kesalahan pembangunan rumah yang paling sering terjadi ialah tidak memperhitungkan pencahayaan. Akibatnya, suasana rumah menjadi lebih gelap. Jendela harus ada di setiap ruangan. Usahakan jendela berukuran besar agar lebih banyak cahaya matahari yang masuk. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menambahkannya pada langit-langit rumah.

5. Membangun ruangan-ruangan tambahan

Jika ingin membangun ruangan tambahan, pastikan ruangan tersebut benar-benar digunakan. Memiliki ruangan seperti ruang bermain serta ruang serba guna tentu terdengar menarik. Namun, apa gunanya bila pada akhirnya ruangan tersebut tidak benar-benar digunakan? Akhirnya, seringkali ruangan tersebut hanya menjadi ruang penyimpanan saja. Jadi, jika berencana membuat ruangan tambahan, pastikan ruangan tersebut dapat dialihfungsikan.

6. Penempatan ruang cuci

Penempatan ruang cuci sangat tergantung pada pilihan masing-masing orang. Sebenarnya, tidak ada tempat yang paling ideal untuk ruang cuci. Namun, disarankan untuk menempatkan ruang cuci di dekat kamar tidur. Selain itu, ruang cuci biasanya juga dapat disatukan dengan ruangan penyimpanan.

7. Penempatan Kamar Tidur

Kamar tidur harus ditempatkan di tempat yang tidak berisik. Selain itu, kamar tidur sebaiknya juga tidak ditempatkan di dekat tempat utama. Bila rumah Anda satu lantai, tempatkan kamar tidur di bagian ujung rumah. Jauhkan juga posisi kamar dari garasi. Ketika dibuka, garasi akan menimbulkan suara yang berisik sehingga dapat mengganggu.

8. Penempatan Dapur

Posisi dapur yang terlalu jauh dapat menyulitkan akses Anda. Padahal, dapur merupakan salah satu ruangan yang sering digunakan. Untuk itu, pastikan posisi dapur berada di dekat garasi atau pintu belakang.

9. Penempatan Garasi

Ketika dibuka, pintu garasi akan menimbulkan suara yang lumayan berisik. Jadi, sebaiknya tempatkan garasi di dekat ruangan yang tidak terlalu digunakan pada malam hari. Contohnya ialah dapur atau ruang penyimpanan.

10. Membiarkan orang lain menentukan kebutuhkan Anda

Orang yang paling memahami kebutuhan Anda dan keluarga adalah Anda sendiri. Para ahli dapat memberikan saran kepada Anda. Namun, mereka tidak dapat menentukan apa yang Anda butuhkan dan tidak butuhkan. Jadi, Anda tidak boleh bergantung pada apa yang mereka katakan. Akan menjadi penyesalan tersendiri bila ternyata saran mereka tidaklah tepat untuk Anda.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Name and email are required