4 Tips Aman Pesan Tiket Kereta Api Online Agar Tidak Tertipu

Orang bilang pesan tiket kereta api online jauh lebih praktis dan gampang, namun sebagian kecil dari orang-orang di sekitar kita malah berujar hal sebaliknya. Tidak percaya? Coba wawancarai minimal lima orang di dekat Anda yang terbilang aktif memakai handphone dan yang cukup jarang sampai-sampai setia memakai handphone jadul. Jadi, sistem pemesanan tiket kereta api secara online memang disebut-sebut sebagai sistem yang lebih modern dan canggih otomatis semakin membantu.

Namun karena satu dan lain hal proses pemesanan secara online ini malah berbuntut masalah, misal ketika sistem di salah satu situs belanja online yang digunakan error dari pusatnya. Menyatakan pemesanan tiket Anda belum dibayar padahal sudah, ketika dikonfirmasi ke Customer Service malah disuruh menunggu 2×24 jam. Nah, pernahkah mengalami kejadian ini? Sebagian dari kita tentu pernah sehingga ketika dialami seolah-olah menghendaki punya kemampuan memutar waktu ke belakang.

Tiket Kereta Api Online Bukalapak

Supaya pembelian tiket dilakukan langsung dan pembayarannya pun secara tunai, resiko transaksi error tentu sangat kecil. Akan tetapi kalau disuruh kembali ke masa tersebut sepertinya agak ribet juga karena musti datang ke stasiun tidak peduli cuaca buruk menghadang. Lantaran sudah disudutkan oleh kebutuhan berangkat ke salah satu kota naik kereta api. Sistem pemesanan online sebenarnya sudah sangat mendukung aktifitas masyarakat zaman sekarang, hanya saja tinggal kita yang mau memanfaatkan dengan cerdas atau memilih masa bodoh.

Tips Memesan Tiket Kereta di Internet

Teknologi secanggih apapun, termasuk sistem pesan tiket kereta api online, kalau tidak dimanfaatkan dengan benar akan merugikan. Ketika butuh tiket kereta dan internet menjadi solusinya simak beberapa tips ini supaya aman dan nyaman:

  1. Pesan di situs resmi,

Pemesanan tiket kereta sebenarnya masih bisa dengan sistem konvensional, namun kalau malas terjebak kemacetan internet memberi jalan keluar terindah. Supaya aman dan bebas kendala baiknya memesan melalui situs resmi yang dikelola PT KAI, supaya terjamin aman dan proses komplain lebih gampang.

  1. Cari situs pemesanan terpercaya,

Kalau dirasa fasilitas yang ditawarkan oleh situs milik PT KAI terasa kurang sesuai dengan kebutuhan. Misal kesulitan memilih kursi penumpang padahal membawa lima anak yang masih kecil-kecil ikut serta. Maka alangkah baiknya mencari sistem booking tiket yang lebih kaya fitur untuk memudahkan mencari kursi sesuai kebutuhan atau harga yang pas di kantong. Silahkan ke situs jual beli online atau biro perjalanan, namun yang sudah terpercaya alias kredibel.

  1. Jangan mudah membeli tiket murah,

Internet memang menjadi sahabat bagi siapa saja yang memiliki masalah dan kebutuhan tertentu, sebab disini ada toko online, media sosial, artikel berita, dan lain-lain. Membeli kebutuhan tiket pun sudah bisa dilakukan disini dan lebih sering menawarkan promo. Zaman sekarang dijamin tidak ada orang yang menolak promo, namun kalau promonya terlalu hyperbola baiknya jangan mudah percaya. Maka baiknya cari harga tiket yang wajar kalau ada promo wajar turun tapi sedikit tidak berlebihan.

  1. Pastikan dibayar dengan aman,

Sistem pembayaran pemesanan tiket kereta lewat internet pun perlu diperhatikan dengan seksama. Pastikan sistem pembayarannya aman, yakni melalui rekening bersama sebab sebelum bisa menjual tiket kereta api maka dipastikan menjalin kontrak dengan PT KAI. Sampai detik ini belum ada situs ticketing yang transfer ke rekening pribadi, jadi pastikan pembayaran tiket kereta api online dilakukan ke rekening bersama atau atas nama perusahaan bukan perorangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *