5 Alasan Mengapa Desain iPhone X Banyak Ditiru Vendor HP

Tiap kali Apple ngerilis produk terbarunya, pasti banyak pro dan kontra yang muncul dari masyarakat dunia, termasuk di Indonesia sendiri. Ya ini nggak heran sih, karena Apple udah jadi salah satu perusahaan teknologi yang merajai dunia barengan sama Samsung.

Contohnya iPhone X. Awal-awal muncul di akhir tahun 2017 kemarin, nggak cuma pujian dan antusiasme buat beli, tapi banyak juga orang yang ngasih kritik dan mencibir desain iPhone X karena dianggap aneh, terutama di bagian depan: notch atau “poni” dan kamera belakang yang bentuknya vertikal.

iPhone x

Padahal selama ini, iPhone identik dengan desain khasnya yang nempatin kamera di ujung kiri belakang bodi smartphone dalam posisi horizontal.  Harganya yang setara sama satu unit motor matic, sekitar Rp 20 jutaan (di Indonesia), juga nggak luput jadi sasaran empuk buat dikritik. Walau bisa dibeli dengan cicilan hp, tetep aja ya kan, dengan harga segitu, pastinya butuh tenor yang panjang dan lama supaya angsuran per bulannya nggak berat.

Lucunya, meski dikritik dan dicibir habis-habisan, belakangan ini malah banyak bermunculan smartphone-smartphone Android dengan desain “mirip” iPhone X, misalnya Vivo V9, Oppo F7, dan Mi Mix 2S.

Kenapa? Nah ini, ada beberapa alasan di baliknya:

Besarnya efek marketing dan iklan iPhone X

Salah satu alasannya, seperti yang dianalisa dan disebutkan situs slashgear, iklan adalah faktor utama yang bikin desain iPhone X ditiru banyak smartphone Android. Kenapa bisa? karena Apple udah ngabisin bujet jutaan dollar cuma untuk ngenalin dan promosiin iPhone seri terbarunya, termasuk iPhone X.

Sebenernya, desain “poni” dan kamera belakang vertikal bukan hal yang bener-bener baru di dunia smartphone. Beberapa vendor Android bahkan udah duluan nerapin desain ini, kayak Essential Phone, tapi malah kalah populer sama iPhone X yang belum ada setahun dirilis. Ini adalah efek dari iklan-iklan iPhone yang ngabisin bujet jutaan dollar tadi.

Makin populer iPhone X karena strategi iklan dan promosinya, maka makin bagus dan buka kesempatan lebar untuk dimanfaatin popularitasnya, Dengan kata lain, smartphone Android dengan desain mirip iPhone ini nggak usah susah-susah lagi dipromosiin sana-sini karena bisa “dompleng” popularitas iPhone. Ini pastinya menguntungkan dan punya pangsa pasarnya sendiri: minim bujet marketing tapi hasilnya maksimal. Sekaligus bisa jadi alternatif bagi orang-orang yang punya bujet rendah tapi pingin dapat smartphone dengan desain mirip iPhone X.

Nyiptain tren baru yang segar di pasaran

Walau banyak yang mengkritik dan mencibir desain iPhone X, nyatanya desain iPhone X malah jadi trendsetter baru di pasaran. Dibanding dengan desain-desain iPhone sebelumnya, iPhone X punya tampilan yang lebih “segar”. Apple keliatan pingin keluar dari zona nyamannya pada iPhone dalam hal letak kamera belakang dan juga tampilan layar penuh tanggung dengan notch.

Emang, semua bisnis ujung-ujungnya pasti balik lagi ke selera pasar supaya tetap “hidup” dan diminati orang. Karena pasar punya interest lebih ke iPhone X, maka mau nggak mau vendor smartphone juga bersaing nyiptain produk yang dimau oleh pasar supaya produk terbarunya laku terjual.

Jadi salah satu smartphone terlaris di 2018

Saya masih percaya sama istilah: ada harga, pasti ada barang. Jadi, pasti ada alasan khusus kenapa Apple membanderol iPhone X dengan harga fantastis, mulai dari desain teranyar, material premium, teknologi terbaru, fitur yang lebih beragam, sampe pajak bea dan cukai saat iPhone X masuk dan dipasarin di Indonesia.

Meskipun harganya mahal dan penjualannya konon mulai menurun sekarang-sekarang ini, iPhone X sempat juga jadi smartphone terlaris di Q1 atau awal tahun 2018. Menurut analisa yang dilakukan Strategy Analytics, iPhone X bahkan udah terjual lebih dari 16 juta unit di kuartal pertama 2018 sekaligus mengambil pangsa pasar global sekitar 5%.

Apalagi sekarang, ambil cicilan hp termasuk iPhone X udah gampang banget. Nggak perlu kuras tabungan untuk dapat satu buah iPhone X. Kamu tinggal manfaatin fasilitas cicilan hp murah atau cicilan hp tanpa kartu kredit yang ditawarin banyak perusahaan multifinansial, salah satunya Kredivo.

Maksimal plafon kredit nontunai yang bisa dikasih Kredivo adalah Rp 20 juta. Pilihan tenornya juga variatif mulai dari 3, 6, sampai 12 bulan dengan bunga paling rendah dibanding perusahaan sejenisnya: 2,95% per bulan. Nggak perlu bayar dp, biaya admin, biaya tahunan atau biaya tambahan lain. Kalo telat bayar angsuran, kamu cuma bakal dikenain denda keterlambatan sebesar 3%.

Beberapa merchant online populer dan kredibel yang jual iPhone X kayak Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Bhinneka, dan JD.id, udah jadi mitra resmi Kredivo dalam hal fasilitas cicilan hp. Jadi, kamu nggak usah lagi khawatir ambil cicilan hp online karena Kredivo menjamin semua keamanan data pribadi dan juga transaksi kamu di merchant. Ada 200 lebih merchant online dan offline yang udah kerja sama dengan Kredivo. Selengkapnya, kamu bisa cek di sini.

Kesan eksklusif & mahal

Mulai dari solid metal sampai baja tahan karat, bodi iPhone didesain dengan menggunakan material premium. Selain meninggalkan kesan eksklusif dan mahal, ini juga jadi salah satu alasan kenapa iPhone cukup nyaman dan pas dalam genggaman. Mulai dari tampilan depan dan belakang, iPhone udah punya identitas modelnya sendiri.

Ibaratnya, kalo kamu pake iPhone, liat modelnya dari jauh aja, orang udah tau kalo kamu pake iPhone. Sementara kalo Android, belum tentu orang tau brand dari smartphone Android-mu. Kesan eksklusif dan mahal inilah yang juga diincar vendor smartphone lain yang memproduksi smartphone mirip iPhone X.  Sebab biasanya, desain juga jadi faktor utama yang dipertimbangkan orang selain spesifikasi, sebelum beli smartphone.

Bisa jual dengan harga lebih murah

Mahalnya harga iPhone X bisa jadi peluang bagi banyak vendor smartphone untuk produksi smartphone yang mirip iPhone X tapi harganya jauh lebih murah. Bahkan beda harganya bisa sampe 70%, contohnya Vivo V9 yang dibanderol dengan harga mulai Rp 3 jutaan.

Kalo udah begini, buat apa rogoh kocek dalam-dalam untuk beli sebuah smartphone seharga Rp 20 juta? Nggak cuma desain, beberapa vendor bahkan menyematkan spesifikasi yang bisa bersaing atau setara dengan iPhone X dalam smartphone Android produksinya, dan dijual dengan harga mulai Rp 5 jutaan aja. Peluang ini bisa dibilang cukup menguntungkan dan lumayan laris di pasaran.

Tapi, perkara smartphone dan kemampuan finansial, sifatnya pasti subjektif. Tentu ini balik lagi ke pilihan masing-masing. Nggak ada salahnya beli atau ambil cicilan hp iPhone X selama mampu. Dan nggak ada salahnya juga untuk beli smartphone Android yang mirip iPhone X  kalo bujet yang kita punya nggak memungkinkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *