Ketika Sedang Mengemudi, Setir Sering Bergetar. Coba Segera Chek Ban Anda

Mobil memang membutuhkan perawatan yang super ekstra sekali. Agar ketika dikendarai mobil bisa tetap nyaman dan juga tidak membahayakan bagi pengemudi, penumpang atau para pengguna jalan yang lainnya. Selain itu juga, mengechek semua kondisi mobil pun sanagt penting untuk dilakukan. Namun kalau ada masalah ketika anda mengemudi, namun setir yang sering bergetar. Ada baiknya untuk segera mengechek ban. Karena memang yang namanya ban ini menjadi salah satu komponen yang langsung bersentuhan dengan permukaan pada jalan raya, dan juga langsung memberikan pengaruhnya pada kemudia setir.  Berikut ini adalah beberapa komponen penting yang harus anda chek dan juga perhatikan ketika mengemudi, namun setir dirasakan sering bergetar, diantaranya yaitu :

  1. Chek tekanan angin pada ban

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mengechek tekanan angin pada kedua sisi ban mobil. Sebaiknya ban pada kedua sisi ban harus seimbang, dan sesuai dengan yang direkomendasikan dari pabrikan mobil tersebut. Tekanan angin pada ban memang sebaiknya  harus tepat, jangan terlalu kencang dan jangan pula terlalu kempis.  Karena jika sampai tekanan angin pada ban tidak tepat, akan membuat ban ausnya tidak merata, dan tentu akan menimbulkan getaran  atau vibrasi.

  1. Chek kondisi tapak ban

Selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah mengenai kondisi dari tapak ban. Jika tapak pada ban sudah mengalami yang namanya kegundulan  atau terdapat benjolan. Maka bisa jadi hal tersebut yang menjadi pemicu utama setir kemudia menjadi mudah bergetar. Sebagai solusi yang paling tepat, tentu saja anda harus segera menggantinya dengan ban yang baru, agar mobil pun di kemudikan lebih nyaman lagi.

  1. Chek bagian sisi ban

Jangan lupa juga untuk mengechek kondisi pada sisi ban mobil, terutama yang menempel pada bagian bibir pelek mobil. Karena biasanya ada bagian ban yang lepas dari bibir pemegangnya, sehingga menyebabkan terjadinya getaran pada setir ketika sedang di kemudikan.

  1. Chek bentuk ban

Ternyata mobil yang sudah terlalu lama tidak digunakan atau di parkir lama, bisa membuat bentuk ban menjadi berubah. Sehingga perubahan pada bentuk ban tersebut bisa menimbulkan getaran pada kemudi yang sedang di setir.

Oleh karena, ketika anda merasa setir yang sering bergetar. Janga panik terlebih dahulu. Sebaiknya chek saja komponen ban anda seperti yang sudah di jelaskan  diatas. Supaya mobil pun bisa kembali digunakan lebih nyaman dan yang pastinya tidak membahayakan. Karena kalau kita membiarkannya begitu saja, akan sangat berbahaya sekali dan bisa menimbulkan terjadinya kecelakaan. Untuk mendapatkan artikel otomotif menarik lainnya, anda bisa langsung saja mengunjungi situs otospare.com saja. Yang banyak mengulas mengenai berbagai macam info otomotif yang menarik dan lengkap.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *